Internet of Things atau IoT adalah sistem perangkat komputasi yang saling terintegrasi. IoT ini bertujuan untuk menyelaraskan hubungan perangkat dengan perangkat, perangkat dengan user (manusia), dan user dengan user secara seamless. IoT merupakan bagian dari konsep revolusi industri 4.0. Untuk mendukung perkembangan revolusi industri tersebut, PT. Precsision Agriculture memberikan pelatihan kepada Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) terkait dengan IoT

Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari yang dimulai pada tanggal 24-25 januari 2019. Pelatihan ini disampaikan oleh Bayu Taruna Widjaja Putra, S.TP., M.Eng., Ph.D. sebagai narasumber yang merupakan dosen Jurusan Teknik Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember. Materi yang disampaikan terdiri dari 5 hal yaitu; Sensors and actuators, Networks and Network Infrastructure, Planning and Deploying Sensors, Datalogging/Monitoring, dan Controlling.

Pelatihan terdiri dari dua sesi yaitu sesi teori dan sesi praktik. Sesi pertama merupakan penjelasan teori tentang IoT beserta komponennya dimana pemberian teori ini merupakan dasar keilmuan yang harus dipahami oleh peserta pelatihan. Selanjutnya adalah pelaksanaan sesi dua dimana dilakukan praktik dari teori yang telah didapatkan. Adapun praktik yang dilakukan yaitu memprogram beberapa sensor (DHT 22, ultrasonik, soil moisture, light sensor, LCD), dan actuators (relay, lampu) untuk monitoring/datalogging dan controlling.

Melalui program pelatihan ini, diharapkan peserta mampu memahami dan menerapkan IoT untuk dikembangkan kedepannya. 

Categories: NewsTraining

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »