PENGGUNAAN DRONE DI BIDANG PERTANIAN

By --

Drone adalah pesawat tanpa awak yang dikendalikan dari jarak jauh menggunakan remote control. Pesawat ini biasanya dilengkapi dengan perangkat GPS dan flight control auto pilot serta kamera standar. Pengembangan drone di awal abad 20 memang banyak digunakan untuk tujuan militer. Pemanfaatan drone diluar bidang militer diawali dengan pekerjaan beresiko seperti pemadam kebakaran atau pemetaan didaerah yang berbahaya.

Saat ini, Seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, pesawat ini pun juga semakin berkembang. Saat ini dapat ditemui drone dengan ukuran yang lebih kecil, mudah digunakan dan dengan harga yang murah.

Di Indonesia, drone telah digunakan di berbagai keperluan. Mulai dari bidang kepolisian, militer, hingga bidang entertainment. Lalu, bagaimana dengan pemanfaatan di bidang pertanian? Pemanfaatan drone di bidang pertanian memiliki beberapa keuntungan.

  • Kemampuan untuk melihat hasil panen dari udara tanpa berinteraksi langsung dengan tanaman, sehingga hasil panen tanaman dapat dipertahankan.
  • Melihat serangan hama dan jamur sehingga petani dapat menanggulangi dengan cepat.
  • Kamera udara dapat mengambil gambar multispektral untuk menangkap data dari spektrum inframerah dan visual sehingga perbedaan antara tumbuhan sehat dan kurang sehat dapat diketahui.
  • Peningkatan efisiensi penyiraman, pemupukan, dan perawatan tanaman.

Penyiraman tanaman di sawah membutuhkan tenaga dan biaya yang tidak sedikit. Petani membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengambil air dari sumber air karena ukuran tabung yang kecil sehingga hal ini kurang efisien. Sedangkan drone sprayer memiliki kapasitas tabung yang besar sehingga efisiensi pekerjaan penyiraman tanaman dapat ditingkatkan. Selain itu petani tidak membutuhkan tenaga yang besar untuk menyiram tanaman. 

Petani membutuhkan drone sprayer untuk meningkatkan efisiensi pekerjaannya. Oleh karena itu Agrimart menyediakan kebutuhan penyiraman menggunakan drone sprayer. Drone yang dikembangkan Agrimart merupakan drone jenis hexacopter yang dapat menampung air, pestisida, dll sebanyak 2 liter. Namun kemampuan drone ini akan ditingkatkan menjadi lebih besar.

Categories: Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »